Contoh Soal Chi Square dan Cara Penyelesaiannya

Chi Square merupakan bentuk tes hipotesis statistik yang sudah valid ketika akan dilakukan pendistribusian dibawah hipotesis nol. Nah, untuk itu kami persiapkan contoh soal Chi Square begitu juga dengan cara penyelesaiannya dibawah nanti.

Sebelum itu,  mari kita simak beberapa mengenai pembahasan pokok diantaranya adalah:
  • Kenapa harus menggunakan tes Chi Square!
Karena dalam menguji dua buah variabel nominal dan mengukur kuatnya hubungan antar variabel (C = Coefisien of contingency) harus menggunakan tes yang valid.

Jangan Lewatkan !!
>> Contoh Soal Persamaan Garis Tegak Lurus

  • Apa itu tabel Chi Square?
Tabel Chi Square adalah tabel yang dibuat menggunakan Microsoft Excel untuk mendapatkan nilai-nilai dari data yang sudah disusun. Berapapun Degree of freedom (DF) yang digunakan dengan berbagai tingkat signifikansinya. Chi Square Tabel atau Tabel Chi Square adalah tabel pembanding bagi uji chi square untuk menentukan tingkat signifikansi

Oke, kita langsung saja menuju contoh soal Chi Square dan penyelesaiannya dibawah ini. Semoga Anda bisa mengikutinya. Oh iya, cara penyelesaiannya saya sembunyikan dibawah soal. Karena agar dapat menguji Anda terlebih dahulu.

1. Berikut adalah data banyaknya mahasiswa dalam pemakaian 3 jenis Hand Phone(Hp) di 3 kelas. Apakah proporsi pemakaian Hp BB, Samsung ,dan Nokia di 3 kelas tersebut sama? Lakukan pengujian proporsi dengan taraf nyata 5%.

Contoh Soal Chi Square dan Cara Penyelesaiannya

2. Tabulasi hasil penelitian variabel kualitas layanan dengan volume penjualan sabun pencuci wajah. Dengan tingkat signifikasi 10 % ,adakah hubungan kualitas layanan dengan volume penjualan sabun pencuci wajah?.Dengan data yang diperoleh sebagai berikut:

Contoh Soal Chi Square dan Cara Penyelesaiannya


Demikian pembahasan singkat kami kali ini tentang contoh soal Chi Square dengan sedikit cara penyelesaiannya. Semoga dengan latihan yang singkat ini Anda mampu mendapat nilai dengan  baik. Terima kasih
Powered by Blogger.