10 Contoh Soal Tekanan Hidrostatis dan Penyelesainnya

Untuk mencapai sebuah kesuksesan diperlukan usaha yang maksimal. Seperti Anda sebagai pelajar untuk mendapatkan nilai bagus di mata pelajaran Fisika tentunya harus banyak mencoba soal-soal. Nah, untuk membantu kalian belajar! kami sediakan beberapa contoh soal tekanan hidrostatis dan cara mengerjakannya.

10 Contoh Soal Tekanan Hidrostatis dan Penyelesainnya


Ingat!! sebelum mengerjakan soal dibawah ini. Ada baiknya kalian untuk mengingat kembali rumus yang akan dipakai. Berikut contoh rumus untuk tekanan hidrostatis mata pelajaran Fisika ini.

10 Contoh Soal Tekanan Hidrostatis dan Penyelesainnya

Keterangan :
P = Tekanan Hidrostatis (PASCAL)
p =  Masa Jenis Zat Cair (kg/m3)
h = Kedalaman dari Permukaan Zat Cair (m)


Mari kita simak untuk contoh soal yang pertama!

1. Jika ada seorang yang sedang tenggelam pada kedalaman 10 m dibawah permukaan air. Dan ternyata massa airnya 1.000kg/m3 sedangkan gravitasinya 10 m/s2. Pertanyaanya berapa tekanan hidrostatisnya?

2. Seekor ikan kakap putih atau Baramunndi sedang mencari mangsa di muara sungai pada kedalaman 15 m. Seperti biasa, grafitasinya 10 m/s2 dan massa airnya 1.000kg/m3. Hitunglah tekanan hidrostatisnya ya!

3. Ada sebuah tangki air di isi air tentunya sampai penuh. Tentukan tekanan hidrostatis pada dasar drum bila massa jenis bensin 7,35×103 kg/m3 dan tinggi drum 1 m.

4. Sebuah botol diisi sirop ABC rasa jeruk peras sampai ketinggian 50 cm. Dan ternyata botol tersebut dilubangi 10cm dari dasar botol, tentukan tekanan hidrostatis pada lubang bila percepatan gravitasi bumi 10 m/s² dan dan massa jenis air 4200 kg/m3 !

Sebelum ke soal berikutnya, untuk menambah wawasan dan mengistirahatkan pikiran kalian. Kita simak lebih jauh mengenai tekanan hidrostatis berikut:

Apa itu tekanan hidrostatis?
Menurut Wikipedia.org untuk Tekanan hidrostatis adalah tekanan yang terjadi di bawah air. Tekanan ini terjadi karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Tekanan sebuah cairan bergantung pada kedalaman cairan di dalam sebuah ruang dan gravitasi juga menentukan tekanan air tersebut.

Baca Juga:
Adapun sifat-sifat yang dimiliki tekanan hidrostatis meliputi:
  1. Tekanannya semakin besar apabila titik letak benda semakin dalam.
  2. Tekanan zat cair akan sama besar ke segala arah.
  3. Tekanan juga sama jika kedalaman sama.

Demikian pembahasan soal tekanan hidrostatis kali ini. Semoga kedepan akan kami update / tambah jumlah soal lagi agar kalian lebih semangat lagi belajar. Terima kasih dan semoga sukses
Powered by Blogger.