Pengertian Hukum Archimedes dan Contoh Soal

Pengertian hukum Archimedes yaitu sebuah benda yang jika dicelupkan kedalam air atau zat cair akan mengalami sebuah gaya angkat. Gaya angkat tersebut jika dihitung besarnya sama dengan zat cair tersebut. Nah, gaya angkat tersebutlah yang dinamakan gaya Archimedes atau hukum Archimedes.



Siapa itu Archimedes? Archimedes berasal dari Syracusa (Yunani) yang hidup pada 200 tahun sebelum masehi. Ia seorang penemu sekaligus matematikawan Yunani. Pada masa belajar, Archimedes banyak dihabiskan di kota Alexandria yang terletak di Mesir saat ini.

Sejarah awal mulanya hukum Archimedes tercipta saat Archimedes dimintai Raja Hieron II untuk menyelidiki apakah mahkota emasnya dicampuri perak atau tidak. Archimedes memikirkan masalah ini dengan sungguh-sungguh. Hingga ia merasa sangat letih dan menceburkan dirinya dalam bak mandi umum penuh dengan air. Lalu, ia memperhatikan ada air yang tumpah ke lantai dan seketika itu pula ia menemukan jawabannya. Ia bangkit berdiri, dan berlari sepanjang jalan ke rumah dengan telanjang bulat. Setiba di rumah ia berteriak pada istrinya, "Eureka! Eureka!" yang artinya "sudah kutemukan! sudah kutemukan!" Lalu ia membuat hukum Archimedes.

Nah, setelah kita mengetahui sedikit pengertian hukum Archimedes diatas. Mari kita simak dan pelajari contoh soal hukum Arcimedes dibawah ini:

Ada sebuah benda yang tidak diketahui asal mulanya. Namun massa benda tersebut jika di udara adalah 15 kg. Namun jika massa benda di dalam air 13,7 kg. Pertanyaanya apakah benda terbuat dari emas murni ?

Silakan lihat jawabannya dan dapatkan contoh latihan soal yang lebih lengkap di SINI

Powered by Blogger.